Friday, June 7, 2013

Roland Garros 2013 Serena atau Sharapova?


Pusing flu berat dan batuk yang belum hilang,,, sambil nulis prediksi deh..

Final Grand slam tunggal putri Perancis Terbuka 2013 akan mempertemukan Serena Williams dan Maria Sharapova. Final ini terbilang ideal karena ke-2 petenis  saat ini menempati rankin 1 dan 2 dunia dan diunggulkan ditempat pertama dan kedua. Istimewa juga karena Serena menjadi petenis tertua ke 3 yang ke final setelah Steffi Graf dan Chris Evert dan pemain putri pertama asal Amerika serikat yang lolos ke Final dalam tujuh tahun terakhir setelah Jennifer Capriati juara tahun 2004.Setali tiga uang dengan lawannya Maria Sharapova, bintang tennis cantik nan molek yang sarat kekayaan bukan saja dari hasilnya bermandi keringat di lapangan tennis, namun juga karena ketenarannya serta kehidupan 'socialita ala selebriti'nya.Bagi Sharapova, kemenangan ini akan membawanya mengulang prestasi Justine Henin yang menjadi juara paling tidak 2 x beruturut turut semenjak tahun 2007.

Tentunya Sharapova berharap bisa mendulang sukses yang sama seperti tahun 2012,, namun untuk menjegal Serena menjadi juara di Roland Garros, bukanlah hal mudah. Sulit karena Masha (panggilan akrab Sharapova)  memiliki rekor head to head yang memprihatinkan. Dari Total 14 kali pertemuan. Masha hanya menang 2 kali dan kalah 12 kali. apa yang menjadi kendala utama Sharapova mengalahkan Serena Williams?

Sharapova memiliki  postur tubuh tinggi j dengan tungkai kaki yang lebih panjang, namun kelemahan utama Masha adalah permainan net dan 'footwork' yang kurang mendukung..senjata utamanya adalah servis keras dan Ground stroke flat yang menyebar ke tiap sisi lapangan..sebaliknya. Serena Williams. 'one of the greatest living legend" memiliki tubuh yang  sedikit pendek, Serena bukan tanpa kelemahan, hanya saja dalam kondisi fit seperti sekarang ini, sulit bagi siapapun untuk menumbangkan keperkasaanya.. pergerakan tubuh Serena terlihat sedikit lambat, namun naluri-nya membaca arah bola sangat fokus dan target!
setara dengan Sharapova,  Serena memilki ground stroke sangat bertenaga, backhand serta forehand flat menukik, dan servis menggelegar yang selalu mematikan.. Serena kerap mendikte mudah Sharapova dengan Servis-nya.
salahsatu aspek lain yang berpengaruh adalah mentalitas diatas lapangan... Serena sudah bukan jadi rahasia umum.. mampu mengubah matchpoint lawan menjadi kemenangan terbalik.. Sharapova sebaliknya.. dari 2 pertandingan terakhir sebelum final ini.. Sharapova tampil up and down.. alias angin-anginan... kalah 0-6 di set pertama babak QF dari Jelena Jankovic, lalu kalah 1 set di set ke 2 babak semifinal dari Victoria Azarenka.. sebaliknya,,Serena tampil trengginas saat menggulung finalis tahun lalu Sara Errani 6-0 6-1 ,satu-satunya kesulitan Serena adalah babak QF saat bermain 3 set menghadapi Svetlana Kusnetzova.
Jadi bila Serena fit dan tampil seperti 'biasa'-nya maka hampir dipastikan Serena akan merengkuh gelar Grandslam Perancis terbuka yang ke-2 atau gelar Grandslam-nya yang ke 16.
Sebaliknya, bila Sharapova mampu on fire dari awal, dan mempertahankannya.. maka peluang untuk mempertahankan juara masih terbuka...Sabtu besok akan jadi final penuh lenguhan, adu servis dan power groundstroke.. teriakan memekik ala Sharapova atau erangan bak singa lapar ala Serena..
hehehe..


1 comment:

Christian Coleman, Rekor dunia lari 60 Msumber  foto by :  Victah Sailer Sebagai penggila Atletik, meski gak kuat lari,,saya su...