Monday, June 24, 2013

dari detik sport : rekor terlama Wimbledon

Mahut Si Petenis 11 Jam Dapat Wild Carduntuk Wimbledon

- - detikSport
Mike Hewitt/Getty Images
London - Nicolas Mahut yang saat ini ada di peringkat 224 dunia, merasa bersyukur karena mendapatkan fasilitas wild card untuk mengikuti turnamen yang pernah membuatnya jadi sejarah: Wimbledon.

"Sangat bersyukur memperoleh wild card di Wimbleon. Terima kasih banyak untuk (All England) Club! Selalu merasa spesial bisa bermain di tempat yang prestisius ini!" tulis Mahut lewat akun twitter-nya, Rabu (12/6/2013).

Dari peringkatnya yang terlalu jauh, Mahut sebenarnya tak bisa mengikuti turnamen Wimbledon yang akan dimulai pada 24 Juni mendatang itu. Namun, pihak penyelenggara berkenan memberinya kesempatan tersebut melalui wild card.

Mahut yang kini berusia 31 tahun akan selalu dikenang dalam terciptanya rekor pertandingan tenis terlama dalam sejarah, ketika ia dan John Isner menghabiskan total 11 jam lima menit dalam duel mereka di babak pertama turnamen Wimbledon 2010.

Belakangan Mahut lebih berkonsentrasi di nomor ganda. Di Prancis Terbuka yang baru lalu ia dan pasangannya sesama orang Prancis, Michael Llondra, berhasil menembus babak final, sebelum kalah dari duet Bryan Bersaudara.

Terkait sejarahnya, pertandingan Mahut-Isner memerlukan tiga hari untuk berhenti di skor 6–4, 3–6, 6–7(7–9), 7–6(7–3), 70–68 untuk Isner.

Sejarah itu langsung diabadikan pihak pengelola Wimbledon dalam bentuk sebuah plakat yang dipasang di kompleks All England Lawn Tennis Championships di awal tahun tahun. Lakon "gila" yang menjadi "prasasti".

Set kelima saja menghabiskan delapan jam 11 menit, atau 98 menit lebih lama dari rekor sebelumnya yang tercatat saat Fabrice Santoro mengalahkan Arnaud Clement di Prancis Terbuka 2004.

Pertunjukan "aneh" Isner-Mahut itu tak cuma mencetak rekor pertandingan terlama, tapi juga game terbanyak dalam satu set (138), dalam satu partai (183), ace terbanyak oleh seorang pemain (Isner 113), dan total ace (216).

Efeknya bagi Isner, ia langsung tumbang di pertandingan berikutnya dalam waktu 74 menit saja. Mahut bahkan sampai mengalami depresi selama tiga bulan dari kejadian dan kekalahan itu.

Mahut dan Isner memang telah menjadi teman dekat sejak duel "mengerikan" itu. Mereka bahkan sempat mencoba bermain ganda bersama, tapi hal itu tidak berjalan dengan baik.

Jika Mahut terus menurun prestasinya, tidak demikian dengan Isner. Petenis Amerika itu saat ini ada di peringkat 21 dunia.




(a2s/mrp)

No comments:

Post a Comment

Christian Coleman, Rekor dunia lari 60 Msumber  foto by :  Victah Sailer Sebagai penggila Atletik, meski gak kuat lari,,saya su...