Thursday, July 13, 2017

Wimbledon 2017, Siapa ke Final? prediksi & Previuw putra

Saya selalu tertarik menulis preview sebelum dimulainya turnamen Tenis terbesar dan tertua didunia, Wimbledon. Berhubung beberapa kesibukan saya baru bisa mampir dan membagi lagi sedikit prediksi saya tentang Wimbledon tahun 2017, yang  pada tahun ini merupakan pertandingan edisi ke 131.
Kali ini kita akan membahas drawing yang terjadi di bagian putra.
Pada Rabu malam dimulai pukul 21.30 WIT, live dari salahsatu channel sports saya menyaksikan bagaimana serunya babak Perempat final, hasilnya ;

Petenis Nomor 1 dunia, juara bertahan dan jagoan public tuan rumah Andy Murray, tersingkir di centre court, oleh petenis Amerika serikat peringkat 27 dunia,Sam Querrey dalam pertandingan 5 set  3-6 6-4 6-7(4) 6-1 6-1 kekalahan Murray sekaligus mengakhiri kiprah petenis putra Inggris raya di depan public, serta menyisakan Joanna Konta di bagian putri yang akan turun di partai semifinal Kamis 13 Jul malam ini.
Kemenangan Querrey adalah refans atas kekalahannya pada babak 4  Wimbledon 2010.

Di lapangan 1  Novak Djokovic menyerah dan mengundurkan diri  6-7 (2) 0-2 dari Jagoan Rep Ceko Thomas Berdych,  isu tak sedap mengenai kabar perceraiannya, setelah santer beredar kabar perselingkuhannnya dengan trainer dan ahli nutrisinya yang juga menangani kakak beradik williams sisters,yang dimulai sejak Rolland Garros bulan lalu. beberapa petenis legenda, termasuk Bjorn Borg mengatakan, Djokovic kehilangan motivasi dan mental persaingan dalam pertandingan ketat menghadapi para petenis kuat, itu sebabnya ia merekrut mantan petenis No 1 dunia, dan suami Steffi Graf, yakni Andre Agassi.sebelumnya dalam helatan semifinal Prancis terbuka, Djoko juga disingkirkan Dominic Thiem dalam straight set dan menyerah 0-6 di set ke 3.

Kabar menggembirakan datang dari the living legend, Swiss maestro Roger Federer, Raja lapangan rumput ini, seperti tak menunjukan lambat  dalam usia nya yang ke 35. Federer maju ke babak semifinal setelah mengalahkan finalis tahun lalu Milos Raonic dari Kanada dalam straight set  6-4 6-2 7-6.

Di lapangan 1 partai seru,antara penakluk Rafael Nadal, Giles Muller (Luxemburg) yang akhirnya menyerah dari petenis kroasia, Juara AS terbuka 2014 Marin Cilic, dalam pertandingan thriiler 5 set 3-6 7-5 -5-7-7-6 6-1.

Dengan demikian babak  Semifinal yang akan berlangsung  Jumat siang, akan mempertemukan,
Sam Querrey (24) VS Marin Cilic ( 7)  dan Roger Federer (3) VS Thomas Berdych (11)

FEDERER VS BERDYCH,
Statistik menunjukkan Federer unggul dalam pertemuan kedua petenis,  lapangan rumput  adalah merupakan lapangan favoritnya, sebelum menuju Wimbledon, Federer nekad absen dari Prancis terbuka dan mengikuti pemanasan di Garry Webber open (Jerman) ia membukukan rekor dalam turnamen itu juara 9 kali dan semuanya dimenangkan dalam straight set!  Lalu bagaimana Wimbledon?
Ibarat sebuah group orchestra, Federer adalah konduktornya.  7 dari 18 gelar Grandslam nya di rengkuhnya di Wimbledon, tercatat Federer menjuarai Wimbledon, 2003,2004,2005,2006,2007,2009,2012.selama keikut sertaanya di Wimbledon, statistiknya adalah yang terbaik diantara semua petenis aktif, winning percentage nya adalah 88.42% 84-11 hanya kalah dari Bjorn Borg yang mencatat 97% winning tag. Federer sudah merengkuh semifinal ke -11-nya

Thomas Berdych, belum pernah meraih 1 gelar Grandslam,meskipun  statistik nya di Wimbledon lumayan baik, namun margin kemenangan per draw tak terlalu mengesankan, 74.00% pencapaian tertinggi Thomas adalah sekali menjadi runner-up atau  Finalis tahun 2010 ketika itu ia dikalahkan Rafael Nadal, dalam straight set. Tahun ini menajdi semifinal ke-2 bagi petenis nomor 1 Ceko ini.

Akan halnya head to head, dari  24 kali pertemuan, Federer mencatat kemenangan 18 kali sementara Berdych hanya 8 kali. 7 dari 10 pertemuan terakhir pun dimenangkan Federer, tahun 2017 Federer unggul dalam 2 kali pertemuan. sementara Berdych kali terakhir menang atas federer adalah tahun 2013 di Dubai Terbuka. Pertemuan pertama kedua petenis justru terjadi di olimpiade Athena 2004,ketika itu Berdych menang di babak pertama yang menarik  kemenangan besar malah didapat Berdych di quarter final Wimbledon tahun 2010!
Dengan kondisi yang ada, saat ini Federer benar-benar di favoritkan untuk menjadi Juara di Wimbledon yang ke 8 kali nya, apalagi dengan tumbang nya para pesaing utama nya seperti  Nadal, Murray, dan Djokovic.
Federer sampai babak Quaterfinal kemarin  dengan penampilan apik dan tak menunjukan tanda-tanda kelelahan atau cedera.
Footwork, presisi, ability dan pergerakannya di lapangan ini bak conductor yang memainkan lagu dengan indah. Namun bukan berarti Berdych tak punya peluang, performa nya dari babak ke babak terus membaik, akan halnya Federer, Berdych sedang berada dalam performa terbaiknya di Wimbledon tahun ini.

Mengalahkan Federer? Berdych harus memanfaatkan dengan benar servis pertama nya, lalu mencoba memukul bola lebih cepat saat bouncing, ini karena pergerakannya tak secepat Federer di lapangan rumput  Berdych dapat memanfaatkan pukulan backhand  dan forehand inside in/out nya, seperti ketika mengalahkan Federer di Semifinal tahun 2010, ia harus berani maju ke depan net untuk mengintimidasi Fedrerer, karena  Federer akan melakukan hal yang sama. Sebaliknya dengan kemiripan  Postur  dengan Raonic, Federer akan mendominasi laga, baik dari baseline maupun di depan net dengan memanfaatkan pergerakan footwork nya . Hal yang menarik adalah Federer akan selalu memukul servis pertama straight di sisi yang sama, dan mencoba mengeksekusi winner lebih cepat, entah dari backhand, volley, atau forehand-nya.sebailknya Berdych harus mencoba bersabar dan berani memukul bola lebih jauh keluar baseline Federer untuk menahan nya tetap dilapangan belakang (biasa dilakukan Nadal)  dan mencoba bertahan dalam rallies antara 6 sampai 10 pukulan lebih lama lebih baik, tentu saja konsistensi dan presisi Berdych harus bagus saat meladeni Fedrerer di bagian ini.
 Bila Federer memenangkan 2 set awal, kemungkinan kans Federer untuk menang lebih cepat, namun bila Berdych bisa mencuri set awal atau memaksa pertandingan lebih panjang ( 4 atau 5 set) kemungkinan Berdych akan menang.


Querrey vs Cilic,
Kecuali pertemuan terakhir tahun 2015 di Hard court Washington series, bila kedua petenis berada dalam peak dan bermain baik, saya jaminkan semifinal antara Querrey VS Cilic kemungkinan lebih menarik! Gaya bermain sama,variasi pukulan yang sama, kedua petenis akan mengkesploitasi sisi terbaik dari masing-masing untuk menjadi finalis tahun 2017! Yang membedakan antara Cilic dan Querrey barangkali adalah Edge mentality & konsitensi!  Cilic adalah salah satu petenis konsisten yang selalu menajdi batu hitam penakluk para penguasa ATP macam Federer, Nadal, atau Murray.Querrey juga adalah salahsatu pembunuh raksasa namun tak sekonstistensi Cilic.keduanya sama-sama menaklukan para jagoan di perempat final, dan akan memanfaatkan momentum ini dengan semaksimal mungkin
4 pertemuan kedua petenis ini semuanya dimenangkan Cilic, namun dengan pertarungan berdarah darah ( hehehe ) dimana  3 kali pertemuan berlangsung  dilapangan rumput  yakni  Wimbledon 2009, Cilic menang dalam laga thriiler 5 set, 4-6 7-6 6-3 6-7 6-4 kemudian di  Queens park, 6-3 3-6 6-3 dan Wimbledon 2012 7-6 6-4 6-7 6-7 17 -15 dan satu laga yang disebutkan diatas berakhir 2 kali thriller tie break 7-6 7-6 semuanya untuk kemenangan Cilic!
Meskipun Cilic unggul head to head, Querrey akan bertanding habis-habisan, untuk memenangi pertemuan  ke 5, sekaligus mencoba menggapai final GS pertamanya.
 dan kalau tak ada antiklimaks antara salahsatu nya,  firasat saya mengatakan  kemungkinan kita akan menyaksikan salah satu partai semifinal terlama pula dalam sejarah Wimbledon kali ini .
5 set dan  kedua-duanya sama-sama memiliki peluang.



No comments:

Post a Comment

Christian Coleman, Rekor dunia lari 60 Msumber  foto by :  Victah Sailer Sebagai penggila Atletik, meski gak kuat lari,,saya su...